About

Sabtu, 23 September 2023

~ SAMPEL~

Dalam penelitian kuantitatif tidak boleh lupa dengan istilah sampel ya.
Sampel yang merupakan bagian dari populasi yang karakteristik/cirinya sama dengan populasi. Menurut Siyoto (2015) Sampel adalah bagian dari jumlah populasi tersebut, ataupun bagian kecil dari anggota populasi yang diambil oleh populasi tersebut, atau pun bagian kecil dari anggota populasi 
Sampel ini banyaknya bisa lebih sedikit atau sama dengan banyak populasi. 

Apa itu populasi?
Populasi merupakan keseluruhan pengamatan yang akan diteliti. Menurut Handayani (2020) populasi adalah totalitas setiap elemen yang akan diteliti yang memiliki ciri yang sama baik berupa individu dari suatu kelompok, peristiwa,  atau sesuatu yang akan diteliti.

Apakah jumlah sampel boleh sama dengan populasi?
Jawabannya BOLEH
jika peneliti mampu mengambil seluruh populasi yang akan diteliti dijadikan sampel, maka jumlah populasi sama dengan sampel. Biasanya jumlah populasi tidak terlalu banyak alias ukuran populasi tidak terlalu besar.
Dalam membahas ukuran sampel terdapat Teorema Limit Pusat (Central Limit Theorm) yaitu statistik rata-rata akan mendekati distribusi normal jika ukuran sampel tak berhingga. Dalam prakteknya bahwa sampel minimal 30 sudah dapat diterapkan untuk teorema limit pusat ini. Sehingga batas besar dan kecilnya ukuran sampel adalah 30. Ukuran sampel besar jika lebih dan atau sama 30 sedangkan lainnya disebut ukuran sampel kecil. 

Ukuran populasi100 masih dianggap mampu dijadikan seluruhnya sebagai sampel. hal ini sesuai dengan Krejcie dan Morgan dalam Schreiber dan Asner-Self (2011) untuk populasi di bawah 100 diambil semua, bila populasi berjumlah 500 diambil 50%, bila populasi berjumlah 5000 diambil 357 responden, bila populasi berjumlah 100.000 diambil 384 responden

Istilah ukuran sampel sama dengan ukuran populasi ini disebut sampel jenuh. Istilah ini adalah bagian dari teknik pengambilan sampel non probability.


Referensi
Handayani, Ririn. 2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika
Hajar, Ibnu. 1996. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Siyoto, Sandu dan Sodik, M. Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing


-^Melly^-

0 comments: