About

Sabtu, 12 Oktober 2013

MENGAPA MENGGUNAKAN SAMPEL DALAM PENELITIAN

Dalam statistika dikenal istilah sampel dan populasi. Sampel adalah bagian dari Populasi. Kalau dalam bahasa matematika dikenal himpunan bagian, maka sampel adalah himpunan bagian dari populasi. Istilah populasi adalah suatu kelompok subjek/objek yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian. 

Jumlah anggota dalam populasi lebih banyak dibandingkan dalam sampel. 

Dalam penelitian, populasi merupakan pusat perhatian bagi peneliti yang memiliki jumlah sangat besar, sehingga memerlukan biaya yang besar untuk melakukannya. Karena keterbatasan biaya dan waktu sehingga menjadi tidak praktis melakukan penelitian terhadap seluruh populasi. 

Sampel sebagai bagian dari populasi, sehingga memungkinkan sampel dapat mewakilkan dan memberikan informasi mengenai populasi dan dengan menggunakan sampel dapat mengatasi keterbatasan biaya dan waktu tersebut, yang mempengaruhi ukuran sampel adalah 
  • Ketepatan sampel yaitu seberapa dekat nilai yang diperkirakan dari nilai populasi sebenarnya.
  • Nilai perbandingan populasi yang digunakan dalam perhitungan besar sampel (nilai p).
  • Varian populasi (saat menggunakan data variabel).
Dengan ketepatan sampel yang sama, untuk varian data yang tinggi memerlukan ukuran sampel yang besar dibandingkan untuk varian data yang rendah.

Dilain hal, untuk data atribut dan variabel, semakin tinggi nilai ketepatan sampel yang diharapkan maka semakin besar ukuran sampel yang dibutuhkan.

Note : Data populasi ada dua bagian yaitu data atribut dan data variabel. Data atribut fokus pada satu atau lebih ciri-ciri nonnumerik dari populasi yang menjadi sampel dan data variabel adalah fokus pada satu atau lebih ciri-ciri numerik dari populasi yang menjadi sampel. 

Reference :
- Kazmier. 2004. Statistik Untuk Bisnis. Scahum's Easy Outlines. Erlangga. Jakarta
- Purbayu & Muliawan. 2007. Statistika Deskriptif dalam Bidang Ekonomi dan Niaga. Erlangga. Jakarta
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
- Sugiyono. 2008. Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung
- Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Bandung.
- Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Mediakom. Yogyakarta.

0 comments: